Ayoo Lihat Blog Saya

Tulisan-tulisan yang saya cantumkan ini adalah hasil dari beberapa pemikiran saya dan juga hasil dari searching dari beberapa situs.

Minggu, 07 April 2013

DESKRIPSI ACARA PENGENALAN KEPRAMUKAAN UIN BANDUNG


DESKRIPSI ACARA
PENGENALAN KEPRAMUKAAN
TAHUN 2012
21 September 2012
Kegiatan Pengenalan Kepramukaan tahun 2012 dilaksanakan pada tanggal 8-9 September 2012 diikuti sebanyak 868 Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung khususnya mahasiswa baru dominannya berasal dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan namun ada pula dari mahasiswa Fakultas lainnya seperti Fakultas Sains dan Teknologi, Adab dan Humaniora, Syariah dan Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Ushuluddin, dan Psikologi. Sehingga tidak menutup kemungkinan pengenalan Kepramukaan ini bukan hanya diwajibkan/diutamakan kepada Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan saja, akan tetapi untuk mahasiswa di Fakultas lainnya. Adapun mengenai materi yang disajikannya yaitu sesuai dengan kompetensi Fakultas bersangkutan selain materi utamanya itu mengenai kepramukaan. Gambaran acara Pengenalan Kepramukaan berdampak untuk masa depan peserta didik itu sendiri yaitu Mahasiswa. Kita ketahui bahwa Gerakan Pramuka merupakan Organisasi yang diatur bahkan dianjurkan oleh Pemerintah dengan sistem berpola untuk diikuti oleh semua kaum muda dalam hal ini peserta didik baik itu pelajar maupun Mahasiswa. Dengan payung hukum UU. Republik Indonesia nomor 12 tahun 2010, Keputusan Presiden, Keputusan tingkat Kwartir, PP, Keputusan Bersama antar instansi pemerintahan misalnya DIKTI dan Menteri Agama dengan Kwartir Nasional.
Hari pertama, Pengenalan Kepramukaan tahun 2012 dibuka langsung oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung tanggal 8 September 2012. Rangkaian pembukaan tersebut dihadiri oleh para tamu Undangan yakni dari unsur Mabihar dalam hal ini Pembantu Rektor,Dekan/Pembantu Dekan III, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, Dewan Kerja Daerah, Dewan Kerja Cabang, Anggota Dewasa Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Pramuka Perguruan Tinggi yaitu perwakilan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Syekh Nurjati Cirebon,SMF/HMJ/UKK/UKM di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pembukaan PK 2012 berlangsung dengan khidmat saat acara pendahuluan yaitu Prosesi Upacara Adat Sunan Gunung Djati- Pakungwati oleh Lingkung Seni Gerakan Pramuka (LISKA) beserta Juru/ Pemangku Adat. Kemudian acara dilanjutkan oleh Anjang Sana Peserta PK 2012. Selanjutnya penyampaian materi panel Pengembangan nilai-nilai Trisatya dan DasaDarma dalam mewujudkan kualitas calon pendidik yang berkarakter oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam hal ini diwakili oleh Pembantu Dekan III Drs.Hasan Basri, M.Si dipanelkan dengan pembina Gudep KB.23001. Setelah itu peserta dipersilakan untuk istirahat, shalat dhuhur dan makan yang telah disediakan oleh sangga kerja. Kemudian setelah ISOMA dilanjutkan oleh acara hiburan oleh team tarian persembahan yang diiringi oleh LISKA. Kegiatan selanjutnya, penyampaian Materi Motivasi Talk (MMT) yang disampaikan oleh Pembina Putra SGD Kak Dr.Mursidin,M.Pd.(Pembina Gudep KB.23001) dan Kak Saca Suhendi, M.Ag. (Pembina Pandega Gudep KB.23001), peserta antusias menyimak materi tersebut yang akan dijadikan bekal untuk dikemudian hari. Setelah selesai peserta dipersilakan untuk kembali ISOMA dilanjutkan kegiatan mentoring yang dipandu oleh sangga kerja dengan tema Reaktualisasi nilai-nilai Trisatya dan DasaDarma (Kajian, Etika&Moral,Nilai).

Hari kedua, Pengenalan Kepramukaan tahun 2012 tak kalah menariknya dengan hari pertama. Diawali dengan kegiatan bugar pagi berupa senam Pramuka yang dilaksanakan di halaman parkir (Gazebo) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggunakan kaos PK 2012. Kemudian dilanjutkan dengan materi pangkalan “Bersama Pramuka Kita Bisa” yang dipandu oleh anggota dewasa Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara selanjutnya mendatangkan langsung Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof.Dr.dr.H.Azrul Azwar, MPH sebagai pemateri Revitalisasi Gerakan Pramuka menuju Bangsa yang memilki karakter yang unggul sebagai wujud nyata dari undang-undang Gerakan Pramuka”.Setelah menyimak materi, peserta dipersilakan untuk ISOMA kemudian kembali lagi ke tempat acara PK 2012. Setelah menyimak beberapa materi yang membutuhkan fokus dan konsentrasi acara selanjutnya yaitu hiburan yang dimeriahkan oleh Overa Van Scout (OVS) peserta dibawa rileks dan tertawa dengan penampilan team kreatif OVS disambungkan dengan kedatangan Rio Idol dengan menyanyikan 3 buah lagu peserta bersenandung nyanyian merdu bersama dan gembira. Setelah acara hiburan pertama peserta dipersilakan untuk melakukan kegiatan mentoring kedua dengan tema “Problematika Pendidik, Pendidikan Saat ini”. Kemudian dilanjutkan ISOMA. Rangkaian penutupan acara Pengenalan Kepramukaan tahun 2012 ditutup dengan ajakan persuasif oleh Pembina Pandega SGD, Saca Suhendi, M.Ag. serta demonstrasi persembahan “LUMAKU SAUYUNAN” berupa skenario di medan perang oleh Garda terakhir PRAMUKA setelah angkatan bersenjata (TNI/POLRI). Demikianlah rangkaian acara Pengenalan Kepramukaan tahun 2012 mendapat kesan yang sangat positif dari seluruh peserta bahkan pengisi acara yang telah menyukseskan kegiatan ini. Semoga acara Pengenalan Kepramukaan selanjutnya diutamakan bagi seluruh Mahasiswa Baru Fakultas se-UIN Sunan Gunung Bandung.

Sekian dan terimakasih.
Salam Pramuka..!









                                                                        ***Muhamad Imam Ramdhan***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi sesuai minat yang Anda ekspresikan ttg tulisan ini