Ayoo Lihat Blog Saya

Tulisan-tulisan yang saya cantumkan ini adalah hasil dari beberapa pemikiran saya dan juga hasil dari searching dari beberapa situs.

Kamis, 17 November 2011

UTS Pengetahuan Lingkungan


KEMENTRIAN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
Jl. A.H. Nasution No. 105 Cibiru Bandung 40614 ' 022-7800525

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Mata Kuliah                        : Pengetahuan Lingkungan
Jurusan / Semester / Kelas : Fisika / 3 / B
Fakultas                               : Sains dan Teknologi
Hari, tanggal                       : Jum’at, 28 Oktober 2011
Waktu                                  : 100 menit
Dosen Pengampu               : Drs. Tony Sudjarwo, M.Si.

Jawablah pertanyaan berikut pada lembar jawaban yang disediakan!

1.       Jelaskan, lima faktor yang diperlukan di dalam “Environmental Science”?
Jawaban :
Environmental science
• is the systematic study of our environment and our proper place in it.
• is the study of interactions among physical, chemical, and biological components of the environment.
As you study environmental science, you should learn the following:
awareness and appreciation of the natural and built environment;
knowledge of natural systems and ecological concepts;
understanding of current environmental issues; and
• the ability to use critical-thinking and problem-solving skills on environmental issues.

                        

2. Jelaskan, apakah yang dimaksud sains, materi, energi, dan sistem?
     Jelaskan dan beri contoh positive dan negative feedback loop?
Science (Sains)
Diturunkan dari scire, artinya “to know” (Latin).
Science adalah proses menghasilkan pengetahuan berdasarkan metode dan logika.
“Science” menyatakan juga kumulatif isi dari pengetahuan yang dihasilkan oleh para saintis.
Materi
Materi disusun oleh atom, molekul, dan senyawa.
Proton = nomor atom; Elektron = proton; Neutron = nomor massa – nomor atom
Isotop = nomor atom sama, nomor massa beda (contoh: 1H, 2H, dan 3H)
Materi dibentuk melalui ikatan-ikatan kimia antar atom, molekul, dan senyawa.
Ikatan ion (misal pada NaCl)
Ikatan kovalen (misal pad H2O)
Ikatan hidrogen (misal pada CH4)
Atom, ion, dan molekul adalah ”building block” materi.
Wujud Materi
• Padat
• Cair
• Gas
Kualitas Materi
1.Materi kualitas tinggi
-Konsentrasi tinggi
-Dapat ditemukan di permukaan bumi
-Berpotensi besar sbg sumber daya alam

2.Materi kulitas rendah
-Konsentrasi rendah
-Dapat ditemukan di bagian dalam bumi
-Berpotensi kecil sbg sumber daya alam
Energi
Energy is the ability to do work such as moving matter over a distance or causing a heat transfer between two objects at different temperatures.
Kinetic energy is the energy contained in moving objects.
Potential energy is stored energy that is latent but available for use.
Chemical energy stored in the chemical bond, food and gasoline.
Satuan energi: Joule atau Kalori (1 Joule = 0,24 Kalori)
Satu kalori adalah sejumlah energi yang diperlukan untuk memanaskan satu gram air murni sebesar satu derajat celcius.
Perpindahan energi/kalor:
• Radiasi
• Konduksi
• Konveksi
Sistem
A system is a network of interdependent components and processes, with materials and energy flowing from one component of the system to another.
For example, “ecosystem”, is a complex assemblage of animals, plants, and their environment, through which materials and energy move.
Positive Feedback Loop
Merupakan proses timbal balik yang positif dimana akan melalui  alur dimulai dari terkecil,sedang hingga besar ataupun sebaliknya yang berguna bagi kehidupan makhluk di ekosistem atau lingkungan.
Contohnya : Pemisahan limbah antara organik, anorganik, dan B3  (Bahan Beracun Berbahaya). Berawal dari tempat tidur, ruangan, dan luar tempat tinggal. Baik di rumah, sekolah/kampus, tempat-tempat umum. Serta dalam hal pengelolaan limbah yang efektif dan efisien yang tidak mencemarkan



Negative Feedback Loop
Merupakan proses timbal balik yang negatif dimana akan melalui  alur dimulai dari terkecil,sedang hingga besar ataupun sebaliknya yang berguna bagi kehidupan makhluk di ekosistem atau lingkungan.
Contohnya : Penggunaan pemakaian bahan bakar fosil yang berlebih yang akibatnya akan mengalami pencemaran, loss energy.
3. Perhatikan dan jelaskan secara rinci maksud gambar range toleransi populasi di dalam ekosistem di bawah ini!







    
Faktor Pembatas
Faktor abiotik yang dapat membatasi atau mencegah pertumbuhan populasi.
- Terjadi pada atau dekat range optimal toleransi
Limiting Factors
1. Optimum Levels
Each factor necessary for survival has an ideal range. Dikarenakan temperature yang memungkinkan untuk  ditempati oleh banyak makluk hidup serta kondisi lingkungan yang ideal.
2. Zones of Stress
Each factor has a range of values that are above or below the ideal but not outside the range allowing survival. Dimana makhluk hidup sedikit menempati tempat tersebut
3. Limits of Tolerance
Each factor has an upper and a lower limit beyond which the organism cannot survive.

4. Range of Tolerance
Each factor has a range of values that includes the zones of stress and the optimum levels. These values do not include the upper or
lower limits beyond which the organism cannot survive.

4. Jelaskan, apa kegunaan pengkajian biodiversitas dalam Environmental Science  dan faktor-faktor yang mengancam kepunahan biodiversitas tersebut?
Jawab :
Kegunaan pengkajian biodiversitas dalam “Environmental Science” :
a)      Keragaman spesies di bumi.
b)     Keragaman spesies terjadi karena ada gen.
c)      Kehidupan beragam spesies dapat dipertahankan dalam ekosistem seperti aliran energi dalam siklus nutrien.
d)     Biodiversitas adalah sumber daya terbarukan yang vital yang meliputi suplai makanan,kayu,serat,energy dan obat kemudian memelihara kualitas udara dan air dan terakhir kontrol pembuangan limbah dan hama.
Faktor-faktor yang mengancam kepunahan biodiversitas :
a)      Habiat Destruction.
b)     Degradation and fragmentation.
c)      Invasive (nonnative) species.
d)     Population and resources use growth (too many people consuming too many resources).
e)      Pollution.
f)       Climate change.
g)     Overexploitation.
5. Apa penyebab dan akibat pertumbuhan populasi dunia yang besar?
Jelaskan cara pencegahan dan penanggulangannya?
Jawab :
Penyebab pertumbuhan populasi dunia yang besar :
a)      Manusia mampu memperluas habitat dan hidup dalam zona dan iklim yang berbeda.
b)     Munculnya pertanian modern yang lebih baik untuk mengeksploitasi setiap unit daratan.
c)      Perkembangan sistem sanitasi,antibiotic,dan vaksin yang membantu mengontrol agen penyakit infeksi.
Akibat pertumbuhan populasi dunia yang besar :
a)      Kecepatan kematian turun.
b)     Kecepatan kelahiran tinggi.
c)      Ukuran populasi tumbuh dengan cepat.
d)     Reduction of biodiversity.
e)      Increasing use of the earth’s net primary productivity.
f)       Increasing genetic resistance of pest species and disease causing bacteria.
g)     Elimination of many natural predators.
h)     Introduction of potentially harmful species into communities.
i)        Using some renewable resources faster than they can be replenished.
j)        Interfering with the earth’s chemical cycling and energy flow processes.
k)      Relying mostly on polluting and climate-changing fossil fuels.
Cara pencegahan pertumbuhan populasi dunia yang besar :
Program KB, diantaranya :
a)      Sterilization (male,female).
b)     IUD.
c)      Oral contraceptive (the pill).
d)     Hormones (implant,patch,injection etc).
e)      Male condom.
f)       Sponge and spermicide.
g)     Female condom (e.g.,cervival cap).
h)     Diapragm together with spermicide.
i)        Abstinance during fertile periode.
j)        Morning-after-pill )e.g.,preven).
k)      Spermicide alone.
l)        Actively seeking pregnancy.

Cara penanggulangan pertumbuhan populasi dunia yang besar :
Adanya keinginan untuk menghentikan keturunan
Program Migrasi, diantaranya
Transmigrasi
Urbanisasasi
6.  Apakah yang dimaksud “sumber daya” (resources)?
Bagaimana pengelompokan “sumber daya” berdasarkan skala kehidupan manusia? Berikan contohnya!
Jawab :
Sumber daya (resources) adalah sesuatu yang sifatnya sebagai sumber kehidupan apabila dilakukan sesuatu terhadapnya akan :
a)      Dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan.
b)     Bermanfaat,bernilai,dan memuaskan.
Pengelompokan “sumber daya (resources)” berdasarkan skala kehidupan manusia :
a)      Nonrenewable material resources
Sumber daya material yang tidak dapat diperbarui.Laju ekstraksi penggunaan lebih cepat dari skala waktu geologis pembentukan material tersebut.Contohnya :
ΓΌ  Recycling                : Cu,Al,Fe,Au,kuarsa.
Nonrecycling         : Batu bara,minyak bumi,dan gas alam (Liquid Petroleum Gas)
b)     Perpetual material resources
Sumber daya material yang tidak habis sepanjang skala waktu kehidupan manusia.Tidak menghasilkan material buangan.Dapat di konversi menjadi angin,listrik,aliran air,dan tersimpan dalam jaringan organism hidup.Contoh : energy matahari.
c)      Renewable material resources
Sumber daya material yang dapat diperbarui atau berpotensi tidak habis.Proses penggantinya relative alamiah.Contoh : pohon-pohon dihutan rumput dipadang rumput,air yang jernih,binatang liar,udara yang segar,dan tanah yang subur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi sesuai minat yang Anda ekspresikan ttg tulisan ini