KEMENTRIAN
AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
Jl. A.H. Nasution No. 105 Cibiru
Bandung 40614 ' 022-7800525
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
GANJIL
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
Mata Kuliah : Pengetahuan Lingkungan
Jurusan / Semester / Kelas : Fisika / 3 / B
Fakultas : Sains dan
Teknologi
Hari, tanggal : Jum’at, 28 Oktober 2011
Waktu : 100 menit
Dosen Pengampu : Drs. Tony Sudjarwo, M.Si.
Jawablah pertanyaan berikut pada lembar jawaban yang
disediakan!
1. Jelaskan, lima faktor yang
diperlukan di dalam “Environmental
Science”?
Jawaban :
Environmental
science
• is the systematic study of our environment
and our proper place in it.
• is the study of interactions among
physical, chemical, and biological components of the environment.
As you study environmental science, you
should learn the following:
• awareness
and appreciation of the natural and built environment;
• knowledge
of natural systems and ecological concepts;
• understanding
of current environmental issues; and
• the ability
to use critical-thinking and problem-solving skills on environmental
issues.
2. Jelaskan, apakah yang
dimaksud sains, materi, energi, dan sistem?
Jelaskan dan beri contoh positive
dan negative feedback loop?
Science (Sains)
Diturunkan dari
scire, artinya “to know” (Latin).
Science adalah proses menghasilkan pengetahuan
berdasarkan metode dan logika.
“Science”
menyatakan juga kumulatif isi dari pengetahuan yang dihasilkan oleh para
saintis.
Materi
Materi disusun oleh atom, molekul, dan senyawa.
Proton = nomor atom; Elektron = proton; Neutron = nomor massa – nomor
atom
Isotop = nomor
atom sama, nomor massa beda (contoh: 1H, 2H, dan 3H)
Materi dibentuk
melalui ikatan-ikatan kimia antar atom, molekul, dan senyawa.
Ikatan ion
(misal pada NaCl)
Ikatan kovalen
(misal pad H2O)
Ikatan hidrogen
(misal pada CH4)
Atom, ion, dan
molekul adalah ”building block” materi.
Wujud
Materi
•
Padat
•
Cair
•
Gas
Kualitas
Materi
1.Materi
kualitas tinggi
-Konsentrasi
tinggi
-Dapat
ditemukan di permukaan bumi
-Berpotensi
besar sbg sumber daya alam
2.Materi
kulitas rendah
-Konsentrasi
rendah
-Dapat
ditemukan di bagian dalam bumi
-Berpotensi
kecil sbg sumber daya alam
Energi
Energy
is the ability to do work such as moving matter
over a distance or causing a heat transfer between two objects at different
temperatures.
Kinetic
energy is the energy contained in moving objects.
Potential
energy is stored energy that is latent but available for
use.
Chemical
energy stored in the chemical bond, food and gasoline.
Satuan
energi: Joule atau Kalori (1 Joule = 0,24 Kalori)
Satu
kalori adalah sejumlah energi yang diperlukan untuk memanaskan satu gram air
murni sebesar satu derajat celcius.
Perpindahan
energi/kalor:
•
Radiasi
•
Konduksi
•
Konveksi
Sistem
A system is a network of interdependent components and processes, with materials
and energy flowing from one component of the system to another.
For example,
“ecosystem”, is a complex assemblage of animals, plants, and their environment,
through which materials and energy move.
Positive Feedback Loop
Merupakan
proses timbal balik yang positif dimana akan melalui alur dimulai dari terkecil,sedang hingga
besar ataupun sebaliknya yang berguna bagi kehidupan makhluk di ekosistem atau
lingkungan.
Contohnya :
Pemisahan limbah antara organik, anorganik, dan B3 (Bahan Beracun Berbahaya). Berawal dari
tempat tidur, ruangan, dan luar tempat tinggal. Baik di rumah, sekolah/kampus,
tempat-tempat umum. Serta dalam hal pengelolaan limbah yang efektif dan efisien
yang tidak mencemarkan
Negative Feedback Loop
Merupakan
proses timbal balik yang negatif dimana akan melalui alur dimulai dari terkecil,sedang hingga
besar ataupun sebaliknya yang berguna bagi kehidupan makhluk di ekosistem atau
lingkungan.
Contohnya : Penggunaan
pemakaian bahan bakar fosil yang berlebih yang akibatnya akan mengalami
pencemaran, loss energy.
3. Perhatikan
dan jelaskan secara rinci maksud gambar range
toleransi populasi di dalam ekosistem di bawah ini!
Faktor Pembatas
Faktor abiotik yang dapat membatasi atau
mencegah pertumbuhan populasi.
- Terjadi pada atau dekat range optimal
toleransi
Limiting Factors
1. Optimum Levels
Each factor necessary for survival has an
ideal range. Dikarenakan temperature yang memungkinkan untuk ditempati oleh banyak makluk hidup serta
kondisi lingkungan yang ideal.
2. Zones of Stress
Each factor has a range of values that are
above or below the ideal but not outside the range allowing survival. Dimana
makhluk hidup sedikit menempati tempat tersebut
3. Limits of Tolerance
Each factor has an upper and a lower limit
beyond which the organism cannot survive.
4. Range of Tolerance
Each factor has a range of values that
includes the zones of stress and the optimum levels. These values do not
include the upper or
lower limits beyond which the organism cannot
survive.
4. Jelaskan, apa kegunaan
pengkajian biodiversitas dalam “Environmental
Science” dan faktor-faktor yang mengancam kepunahan
biodiversitas tersebut?
Jawab :
Kegunaan pengkajian biodiversitas dalam “Environmental Science” :
a)
Keragaman
spesies di bumi.
b)
Keragaman
spesies terjadi karena ada gen.
c)
Kehidupan
beragam spesies dapat dipertahankan dalam ekosistem seperti aliran energi dalam
siklus nutrien.
d)
Biodiversitas
adalah sumber daya terbarukan yang vital yang meliputi suplai
makanan,kayu,serat,energy dan obat kemudian memelihara kualitas udara dan air
dan terakhir kontrol pembuangan limbah dan hama.
Faktor-faktor yang mengancam kepunahan biodiversitas :
a)
Habiat
Destruction.
b)
Degradation
and fragmentation.
c)
Invasive
(nonnative) species.
d)
Population
and resources use growth (too many people consuming too many resources).
e)
Pollution.
f)
Climate
change.
g)
Overexploitation.
5.
Apa penyebab dan akibat pertumbuhan populasi dunia
yang besar?
Jelaskan cara pencegahan dan penanggulangannya?
Jawab :
Penyebab pertumbuhan populasi dunia yang besar :
a)
Manusia
mampu memperluas habitat dan hidup dalam zona dan iklim yang berbeda.
b)
Munculnya
pertanian modern yang lebih baik untuk mengeksploitasi setiap unit daratan.
c)
Perkembangan
sistem sanitasi,antibiotic,dan vaksin yang membantu mengontrol agen penyakit
infeksi.
Akibat pertumbuhan populasi dunia yang besar :
a)
Kecepatan
kematian turun.
b)
Kecepatan
kelahiran tinggi.
c)
Ukuran
populasi tumbuh dengan cepat.
d)
Reduction
of biodiversity.
e)
Increasing
use of the earth’s net primary productivity.
f)
Increasing
genetic resistance of pest species and disease causing bacteria.
g)
Elimination
of many natural predators.
h)
Introduction
of potentially harmful species into communities.
i)
Using
some renewable resources faster than they can be replenished.
j)
Interfering
with the earth’s chemical cycling and energy flow processes.
k)
Relying
mostly on polluting and climate-changing fossil fuels.
Cara pencegahan pertumbuhan populasi dunia yang besar
:
Program KB, diantaranya :
a)
Sterilization
(male,female).
b)
IUD.
c)
Oral
contraceptive (the pill).
d)
Hormones
(implant,patch,injection etc).
e)
Male
condom.
f)
Sponge
and spermicide.
g)
Female
condom (e.g.,cervival cap).
h)
Diapragm
together with spermicide.
i)
Abstinance
during fertile periode.
j)
Morning-after-pill
)e.g.,preven).
k)
Spermicide
alone.
l)
Actively
seeking pregnancy.
Cara
penanggulangan
pertumbuhan populasi dunia yang besar :
Adanya
keinginan untuk menghentikan keturunan
Program
Migrasi, diantaranya
Transmigrasi
Urbanisasasi
6. Apakah
yang dimaksud “sumber daya” (resources)?
Jawab :
Sumber daya (resources) adalah sesuatu yang sifatnya
sebagai sumber kehidupan apabila dilakukan sesuatu terhadapnya akan :
a)
Dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan.
b)
Bermanfaat,bernilai,dan
memuaskan.
Pengelompokan
“sumber daya (resources)” berdasarkan skala kehidupan manusia :
a)
Nonrenewable
material resources
Sumber daya material yang tidak dapat diperbarui.Laju
ekstraksi penggunaan lebih cepat dari skala waktu geologis pembentukan material
tersebut.Contohnya :
ΓΌ Recycling : Cu,Al,Fe,Au,kuarsa.
Nonrecycling : Batu bara,minyak bumi,dan gas alam (Liquid Petroleum Gas)
b)
Perpetual
material resources
Sumber daya material yang tidak habis sepanjang skala
waktu kehidupan manusia.Tidak menghasilkan material buangan.Dapat di konversi
menjadi angin,listrik,aliran air,dan tersimpan dalam jaringan organism
hidup.Contoh : energy matahari.
c)
Renewable
material resources
Sumber
daya material yang dapat diperbarui atau berpotensi tidak habis.Proses
penggantinya relative alamiah.Contoh : pohon-pohon dihutan rumput dipadang
rumput,air yang jernih,binatang liar,udara yang segar,dan tanah yang subur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Isi sesuai minat yang Anda ekspresikan ttg tulisan ini